THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Kamis, 27 November 2008

GAME ONLINE






DOTA ALLSTARS
Bagian 2

Oleh: Rizal Priadaniswari

Di edisi ini
HG masih membahas guide untuk mempelajari tahap-tahap dasar memainkan DotA. Tuntasin bacanya, ya biar mainnya sip.
5. Melee(kamu) VS hero jenis apapun
Seperti yang sudah dijelaskan di edisi lalu, bahwa hero Melee merupakan hero agak susah untuk berkembang. Akan tetapi dengan hp-nya yang besar dan damage-nya yang sangat besar, mereka akan menguasai jalannya permainan yang bertahan lama atau di akhir-akhir permainan. Jadi hero Range akan terus menguasaimu pada awal-awal permainan dan hanya dengan cara terus menekanmu mereka bisa mengamankan jalannya permainan.

Maka dari itu jika kamu memakai hero Melee dan melawan hero Range, apalagi renge intelligence, berhati-hatilah. Jangan terlalu maju dan tahan posisimu. Terus tekan alt untuk melihat hp unitmu dan creep musuh. Saat hp creep musuh tersisa sedikit, selesaikan dan mundur lagi.

Terus berada di sekitar area itu agar mendapat exp point. Terkadang kamu harus merelakan tower pertamamu untuk menjaga kamu tetap hidup. Lagipula tower pertama memang sering dihancurkan pada awal-awal permainan. Yang penting adalah, tetap sabar dan terus leveling dan mengumpulkan uang. Kamu akan terkejut saat mengetahui seberapa cepat hero Melee dapat mengumpulkan uang karena mereka hanya melakukan serangan terakhir.

6. Taktik melarikan diri
Ada banyak taktik mengenai cara melarikan diri di saat kamu hampir mati. Yang ada di sini hanya beberapa trik dasa untuk melarikan diri.

l Saat kembali ke markas, kita tidak hanya mengklik markas dan membiarkan heromu berjalan sendiri kembali. Kamu harus terus mengenda-likannya dari titik ke titik. Karena jika tidak, mungkin heromu akan melalui jalan yang sana dengan unitmu sehingga mereka akan bertabrakan terus menerus dan memperlambat gerakanmu. Hal ini memberi kesempatan hero musuh untuk mengejarmu dan membunuhmu. Jadi perhatikan gerakan unitmu dan atur gerakan heromu.

l Perhatikan ke mana arah larimu. Terkadang heromu berlari melewati tower musuh. Jika kamu memiliki sisa hp yang sangat kecil dan jauh dari markas. Larilah ke tower-mu yang terdekat. Hal ini mungkin akan membuat hero musuh menjadi segan untuk mengejarmu. Akan tetapi jika hero musuh masih memiliki hp yang banyak ia mungkin tidak akan keberatan diserang tower-mu asalkan dapat membunuhmu. Ada banyak jalan pintas untuk mencapai tujuanmu. Jadi selalu perhatikan gerakan heromu untk menghindari kematian. Ada kalanya kamu bisa menerobos masuk ke pepohonan untuk mendapatkan jalan pintas dibandingkan harus memutar pepohonan. Dan jangan mengubah arah karena hanya akan memperlambatmu.

l Perhatikan pembicaraan teman timmu. Terkadang mereka tahu jika kamu dalam kesulitan dan akan datang untuk menyelamatkanmu. Jadi selalu lari ke arah temanmu.

l Beberapa orang sangat bernapsu membunuh-mu sampai-sampai mereka tidak peduli tower me-nembak atau unitmu sedang memukulnya. Jika kamu sedang berlari dan melewati tower dan unitmu, se-dangkan musuhmu sedang mengejarmu, cepat stun dia sehingga tower dan unitmu dengan senang hati akan terus menyerangnya. Jika kamu tidak memiliki skill stun, mungkin kamu berlari mengelilingi tower-mu sehingga ia akan menjadi frustasi karena tidak dapat memukulmu. Mungkin timmu akan men-dapatkan satu pembunuhan lagi untuk alasan yang sia-sia.

Chapter 4:
Permainan Tim


Chapter ini sedikit mengajarkan mengenai cara bermain tim dan bekerjasama. Pada akhirnya DOTA adalah permainan tim, bukan permainan individu. Jadi menghargai cara bermain timmu adalah sesuatu yang sangat penting. Berlatihlah untuk menjadi pemain tim yang brilian, bukan untuk menjadi pemain solo yang brilian. Dengan begitu kamu akan diterima bermain di tim mana pun. Saya memperhatikan banyak sekali pemain yang berusaha menjadi pemain solo yang hebat. Meskipun ini meningkatkan percaya dirimu dan membuatmu menjadi terkenal, tapi sepertinya tidak akan berfungsi baik di dalam tim. Dalam permainan ini setiap hero bisa dilawan dengan suatu hero. Tidak ada hero yang terlalu superior. Jadi semuanya tergantung dari caramu bermain dan permainanmu dalam tim untuk menentukan kemenangan.

Ini adalah beberapa contoh skenario yang terjadi dalam permainan tim:

1. Membantu temanmu melarikan diri
Jika kamu berpasangan dengan orang lain di suatu tempat. Ingatlah untuk selalu saling menjaga. Jika hero musuh meng-stun temanmu dan siap untuk memakannya, segera stun musuhmu juga. Jika kamu tidak memiliki skill stun, keluarkan skill apa saja yang kamu miliki. Bahkan pukulan biasa saja mungkin akan membuat hero musuh berubah pikiran dan ragu-ragu untuk menyerang temanmu. Ingat ini. Saya sering sekali melihat seseorang melarikan diri saat temannya sedang diserang meskipun hp-nya masih penuh. Bahkan terkadang samai menghalangi saat temannya mau melarikan diri. Hal ini akan berakibat buruk bagi reputasimu di DOTA. Bahkan tidak jarang pemain lain yang akan mulai mencacimu. Tentu saja saya tidak menyuruhmu untuk masuk ke dalam situasi dan mengorbankan dirimu. Lakukan apa saja yang bisa membantu tanpa ada korban dari pihak timmu. Bahkan jika kamu seorang pemula, usaha seperti itu akan sangat dihargai oleh teman satu timmu

0 komentar: